Nikmatnya selalu minum air ZAMZAM selama di Madinah dan Mekkah

 

“Prophet Muhammad said : The best water on the surface of the earth is Zamzam. In it, there is a food for the hungry and the cure of the ill”

Assalamau’alaikum pembaca #4Dtraveling,

Bagi kita kaum muslimin baik yang sudah pernah berangkat haji atau umroh maupun yang belum pasti selalu merindukan minum air Zamzam. Bisa minum air zamzam setiap hari tidak pernah putus adalah berkah yang luar biasa

Air zamzam ini selalu tersedia dan tidak pernah habis. Dibawah akan ada tips-tips bagaimana mudahnya kita selalu menyediakan air ini selama kita beribadah.

Air zamzam ini tersedia selalu di area Mesjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Mekah. Kok bisa air Zamzam sampai di Madinah? Yep, dari sumur zamzam di Mekah, air zamzam selalu didistribusikan ke Masjid Nabawi di Madinah, tersedia dalam bentuk galon-galon sehingga jemaah bisa langsung meminumnya saat berada di masjid. Tersedia yang dingin (gallon tanpa tulisan adalah zam-zam dingin) dan tidak dingin (galon dengan tulisan “Not Cold”)

1. Zamzam di Madinah

Selama anda di Madinah, air zam-zam terletak diselasar bagian dalam masjid Nabawi sebelah kiri dan kanan, tersedia di dalam masjid dalam bentuk galon sehingga jamaah mudah mengambilnya. Jika anda menemukan yang diluar masjid itu bukan air Zamzam, jika mau diminum perhatikan ada tulisan : “Drinking Water”. Jika tidak ada maka itu bukan untuk diminum karena juga sebagai tempat untuk mengambil air wudhu.

20160403_114257 (resize)

Galon air zam-zam di masjid Nabawi, Madinah

 

2. Zamzam di Mekkah

Selama anda berada di Mekkah, anda dapat menemukan air zam-zam di Masjidil Haram. Berbeda dengan masjid Nabawi, air zamzam di Masjidil Haram ini tersedia baik diluar maupun di dalam masjid. Perhatikan tulisan “Drinking water” dan “zamzam” serta tulisan arab lainnya.

Perhatikan ada tulisan “For Men” dan “For Women” di bak air zamzam khusus di Masjidil Haram ini karena pintu masjid campur antara laki-laki dan perempuan, berbeda dengan Masjid Nabawi yang memang pintunya terpisah antara jamaah laki-laki dan perempuan.

20160406_114711 (resize).jpg

Bebas minum air zam-zam selama di dalam Masjidil Haram

 

[BOX] TIPS untuk selalu mudah minum Zamzam selama kita ibadah :

  1. Pastikan anda selalu membawa botol ketika anda berangkat ke masjid. Bisa botol plastik bekas minuman air mineral, ataupun anda membawa botol sendiri dari rumah.
  2. Setelah anda masuk masjid dan meletakkan sajadah anda, dan setelah sholat Tahiyatul Masjid, saran saya anda langsung bersegera isi botol anda dengan air zamzam sebelum sholat berjamaah dimulai. Karena biasanya masjid masih sepi dan masih belum banyak yang antri ambil air zamzam. Dapat anda perhatikan setelah sholat tempat pengambilan air zamzam akan sangat ramai antrian.
  3. Zam-zam biasanya tersedia yang dingin, jika anda ingin tidak dingin cari galon dengan tulisan “Not Cold
  4. Selagi isi botol, anda bisa minum air zamzam menggunakan botol plastik yang tersedia bukan dari botol anda, karena botol itu untuk anda minum ketika di hotel ataupun pada saat anda menunggu waktu sholat, ditengah-tengah membaca Al Qur’an atau sedang berdzikir dan berdoa.
  5. Sebelum ambil air zam-zam, saya sarankan “perhatikan dimana tempat andameletakkan sajadah”, bisa perhatikan tiang keberapa tempat anda duduk, atau rak Al-Quran, atau apapun. Karena ketika sudah mulai ramai, anda akan kesulitan menemukan tempat sajadah anda tadi. Saya beberapa kali melihat jamaah Indonesia yang mutar-mutar mencari dimana dia meninggalkan sajadahnya, atau saudaranya berada terutama di Masjidil Haram karena letaknya yang berlabirin dan sangat ramai (crowded), sehingga mengandalkan warna kerudung saja tidak mudah.
20160405_130610 (resize)

Pilihan air Zam-zam, perhatikan tulisan yang tertera di gallon, “Not Cold” untuk tidak dingin, jika tidak ada tulisan maka air zam-zam tsb dingin

 

Selamat beribadah di Tanah suci teman-teman, semoga semua amal ibadah kita berlipat ganda…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s