Traveling: Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore

We went on every single ride and loved every minute of it!

Amusement Park aka Theme Park selalu bikin kami excited! Kalau membuat itinerary traveling, amusement park akan selalu jadi bagian didalamnya. Yep, kami sekeluarga bisa dibilang “Theme Park suckers”, dan kali ini kami akan sharing tentang Universal Studios di Singapura. So far sudah 4x bolak balik ke USS, so I can go to those rides blidfolded! LOL… udah hafal banget!

Ready? Shall we start?

Transportasi

Good news! Kita bisa menikmati fasilitas transportasi gratis (Free Shuttle Bus) yang disediakan oleh Resort World Sentosa khusus untuk Turis, artinya warga Singapura atau warga asing yang bekerja di Singapura tidak diperbolehkan untuk menikmati free shuttle bus ini. Tersedia juga untuk rute return

Ada 2 rute pick-up untuk fasilitas free shuttle bus ini

1.      Bencoolen / Marina Route, hotel-hotel yang dilewati :

  • Marina Mandarin
  • Marina Bay Sands
  • Summer View
  • Carlton Singapore
  • Swissotel The Stamford

2.      Orchard Route, hotel-hotel yang dilewati :

  • Concorde Hotel
  • Mandarin Orchard
  • Grand Hyatt
  • Shangri-La Hotel
  • Orchard Hotel

Last trip ke Singapura, kami menginap di hotel Mandarin Orchard. Berada di tengah shopping arcade the famous Orchard Road. Karena mau menghabiskan waktu yang lamaaa di Universal Studios, jadi kami pilih keberangkatan bus yang paling pagi yaitu jam 09.08. Tinggal turun ke lobby, dan voila! Bus sudah menunggu. Untuk jadwal, bisa cek di website http://www.rwsentosa.com atau menanyakan ke pihak reception hotel. Kami diminta oleh driver bus untuk memperlihatkan paspor (beserta lembar imigrasi yang warna putih) serta hotel key.

Lalu bagaimana untuk keluarga yang tidak menginap di hotel tersebut?

Ada banyak transportasi yang bisa dipakai, Bus, MRT, Taxi, dan lainnya

Kalau kita bepergian dengan keluarga 2 anak (ber 4), maka kami menyarankan untuk menggunakan Taxi yang akan jauh lebih murah dan convenient.

Contoh            : Jika kita menginap di hotel Ibis Bencoolen

Taxi                : waktu total 18 menit, dengan perkiraan harga SGD 9.4

MRT + Bus    : waktu total 39 menit, perkiraan harga : SGD 3.9/pax, maka total uang yang harus dikeluarkan oleh keluarga dengan 2 anak : SGD 15.6

Ini jauh lebih mahal daripada menggunakan Taxi. So, Taxi is the best choice!

Tickets dan Rides

Ada banyak cara untuk membeli tiket, kami melakukan perbandingan sebelum berangkat, yaitu :

Membeli online di website: kami pernah membeli online via http://www.rwsentosa.com untuk dewasa (umur 13-59 tahun) SGD 74, dan anak (umur 4-12 tahun) SGD 54, setelah melakukan pembelian, tiket tinggal di print dan bawa printout nya untuk ditunjukkan ke pintu masuk

Membeli dari tour travel: biasanya ada beberapa tour travel yang menawarkan harga khusus, sekitar SGD 71-72 per pax nya.

Membeli langsung di venue: beberapa kali kami melakukan pembelian langsung di venue karena ada “Special Offer” diskon khusus 15% jika menggunakan pembelian menggunakan kartu kredit tertentu dari Visa atau MasterCard. Untuk dewasa kami hanya membayar SGD 62.9 dan anak-anak SGD 45.9. Ini best offer yang bisa kita pilih so far.

Ada 7 zona yang ada di Universal Studios, yaitu Hollywood, New York, Sci Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far far away, Madagaskar. Dan masing-masing punya rideandalannya. Yang paling disukai my lil 2D? Definitely “Transformer The Ride: The Ultimate 3D Battle” ini ride baru dan terfavorit di disini, saran kami? Begitu pintu utama dibuka tepat jam 10 pagi, langsung bergegas ke Ride ini sebelum antrian panjang, sooo worth it! I’d play over and over and never get bored.

wpid-20131227_141312.jpg

Transformer 4D

And personally, my fav? It’s gonna bethe “Battlestar Galactica : Human vs Cyclone Roller Coaster”. My goodness, it was the best! Dan pendapat pribadi, Ride ini bisa dibandingkan denganDragon Fire vs Ice Roller Coaster yang jadi masterpiece di Universal Studios Orlando, Amerika Serikat. Ada 2 roller coaster di Universal Studios Singapore dan Cyclone yang akan meluncur bersamaan seolah-olah sedang berkelahi. My lil 2D sangat suka naik human tapi habis itu pusing hehe. Jadi mereka tidak mau melanjutkan untuk naik ride Cyclone, sehingga saya dan suami bergantian lanjut naik Cyclone karena ride ini lebih extreme.

Tips agar dapat menikmati semua Ride yang ada walaupun di peak season dan panjang antrian

–          Pergunakan row antrian untuksingle rider yang jauh lebih cepat jika kita sedang bergantian dengan suami untuk naik ride attraction dan menjaga anak-anak

–          Pastikan tahu jam show nya sehingga kita bisa antri tepat waktu. Show ini sangat disukai oleh anak-anak terutama Shrek 4D, Monster Rock, Steven Spielberg Show

–          Gunakan Express pass / fast pass yang tersedia, pilih ride yang sudah pasti antri panjang. Express pass ini berbayar, untuk pengunjung yang tidak bersedia antri di peak season. Ini adalah pilihan untuk yang mau membayar lebih, what about us? We didn’t buy it. Kami lebih prefer untuk mengatur jadwal show dan ride nya. Konsepnya berbeda dengan Universal Studios yang ada di Osaka, Jepang dimana kita mendapat maksimum 3 fastpass free alias gratis.

Having Lunch

Makan siang di area Universal Studios memang mahal, tapi untuk yang malas kemana-mana no problem having lunch di theme park. Untuk makan, kami sarankan “sebelum” jam 11.30 sudah harus cari makan, kenapa? Karena pas jam makan siang semua restoran “Super Duper Rame” ini sangat ga nyaman karena kita harus antri dan berdiri cari tempat duduk. Kami lebih prefer untuk keluar, minta tangan kita di cap oleh petugas Universal Studios, dan jalan sedikit, kita akan ketemu shopping arcade, ada casino dan Hard Rock Café. Ada restoran Jepang di lantai 1, harga agak lebih murah dari yang ada di dalam theme park, tapi makanan jauh lebih enak dan nyaman banget suasananya.

Sebagai tambahan info, biasanya jika kita datang pada saat weekend ataupublic holiday, akan ada Special Parade. Acaranya seru banget untuk dinikmati, custom musical score, special effects, puluhan bahkan ratusan performers/dancers dan biasanya diadakan di sore atau malam hari. Theme Park ini biasanya tutup jam 7 malam, namun akan diperpanjang di special occasion danpeak season.

Kami kembali menggunakan free shuttle bus untuk kembali ke Hotel. Pastikan senantiasa lihat jadwal kapan terakhir shuttle bus ini berangkat, kalau ketinggalan langsung antri di Taxi queue, dan ini akan panjang sekali antrinya. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, apalagi kalau anak-anak dalam keadaan capek.

See…so much fun, right?

Semoga berguna untuk tambahan info dan referensi untuk berlibur kesana. Enjoy and have fun!

Cheers, @dinavirgianti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s